Tuesday, November 15, 2011

Jakarta, Singapura, Manila

Beberapa hari ini, kami berkesempatan untuk mengunjungi Filipina.

Saat tiba di NAIA (Ninoy Aquino International Airport), saya merasakan bahwa Soekarno Hatta International Airport (dikenal dunia dengan singkatan SHIA, atau bagi orang Indonesia, cukup disebut: Soetta) jauh lebih bagus. Namun, sebelumnya, kami transit di Changi-Singapura. Dari segi rapi dan resiknya Changi, terasa bahwa Singapura memang negara yang lebih maju dari Indonesia. Tidak ada kerumunan orang yang terkesan hiruk-pikuk tak beraturan, termasuk porter; juga tak ada perokok yang asapnya siap meracuni siapa saja.

Saat transit, kami salat Duhur jamak Asar di "Bilik Salat". Berdampingan dengan ruangan itu, ada "Bilik Meditasi" (saya lupa memastikan ruangan itu untuk pemeluk agama apa). Tata ruang salat terasa nyaman dan bersih. Ada tembok yang tidak sampai plafon yang memisahkan laki-laki dan perempuan, sehingga masih bisa saling mendengarkan suara. Meski tidak saling lihat, salat berjamaah bisa dilakukan.

Untuk pindah dari terminal satu ke terminal lainnya (ada tiga terminal) di Changi, harus menggunakan kereta. Konsepnya mirip Bandara Narita, Jepang. Dengan konsep transportasi trem yang memisahkan terminal, Changi dan Narita jauh lebih aman daripada bandara yang bisa diakses lewat "darat" (baca: jalan kaki/kendaraan seperti mobil, motor). Menurut suami, biaya pembangunan Bandara Changi dan Soetta, sama. Asian Development Bank yang menyuntikkan dana. Orang-orang Jepang yang melewati Soetta, kerap bilang, "Dananya sama dengan Changi, tapi hasilnya kenapa beda..."

Meski begitu, bila dibandingkan dengan NIAI, Soetta masih jauh lebih bagus. NIAI adalah satu di antara 10 bandara yang paling menyebalkan di dunia (beritanya bisa dilihat di sini). Bahkan, www.sleepinginairports.net melabeli NIAI sebagai bandara terburuk di dunia. Sementara,sebaliknya, Changi bandara terbaik.

Bagaimana dengan Soetta?

www.jakartatour.com
mengklaim bahwa Soetta adalah salah satu bandara terindah di dunia. Benarkah?

Di http://www.oobject.com/category/most-beautiful-airport-terminals/ , dari 12 terminal bandara tercantik di dunia, Soetta tidak masuk. Demikian juga di www.travelandleisure.com , Soetta sama sekali tidak disinggung. Tidak juga di www.airliners.net . Aneh, yang "mengklaim" Soetta sebagai salah satu bandara tercantik di dunia, cuma situs yang berkepentingan dengan peningkatan turisme Jakarta. Memang, pada 1995, Soetta mendapat penghargaan Aga Khan Award, tapi ini tidak berarti jadi yang tercantik di dunia.

Soetta didesain arsitek Paul Andreu, yang juga merancang bandara internasional Paris: Charles de Gaulle. Kedengarannya mungkin keren. Tapi, bandara Charles de Gaulle ini bertahan dua tahun sebagai bandara nomor satu terburuk di dunia versi www.sleepinginairports.net . Adapun di situs www.flightstats.com , rating Soetta 2.8 dari maksimal skala 5, sedangkan CDG cuma 2.3 dan NIAI 1.9. Bangga? Owh. Dalam hal kebaikan, sebaiknya lihat ke atas. Malu dong sama Singapura yang dapat nilai 4.7 dari 5.

### Makati, 18 November 2011

No comments:

Post a Comment